Suka dan Duka Sekolah Jarak Jauh

Suka dan Duka Sekolah Jarak Jauh 💻

Tanggal 15/07/2021


Assalamualakum teman-teman bagaimana kabarnya? Semoga kalian sehat.

Aku mau bercerita tentang pengalaman suka dan duka aku selama PJJ ini. Selama setahun duduk di bangku SMP tentu ada pengalaman berbeda-beda, mari kita lihat dan simak baik-baik!



Saat pertama tahu tentang adanya PJJ aku ada senangnya dan sedihnya, walaupun saya memiliki waktu lebih bebas di rumah, aku lumayan kecewa karena tidak bisa bertemu dengan teman-teman atau melakukan akitvitas sekolah. Sebenernya aku udah berharap agar pandemi covid cepat selesai tapi ternyata situasi masih bertambah parah jadi sayangnya harapan untuk sekolah offline kurang realistis.

Ya, walaupun begitu saya tetap sabar meski mengikuti zoom setelah zoom selama beberapa jam lumayan membosankan dan melelahkan. Selain itu saya juga merasa jika tugas yang diberikan terlalu banyak, dan menurut saya pribadi ada efek negatifnya. Aku kurang tau mengapa tetapi saya lebih semangat mengerjakan tugas offline daripada online, itu menyebabkan saya malas mengerjakan tugas yang diberikan guru. 

Saya sudah belajar daring sejak akhir kelas 6 dan guru hanya memberikan tugas-tugas panjang yang terus menumpuk.

Satu hal lainnya yang ingin ku sampaikan adalah, setiap bangun pagi untuk siap-siap buka komputer dan masuk zoom rasanya sangat melelahkan, aku biasa buka komputer di waktu libur jam 10 atau 12.




Saya juga kurang menyukai tugas video atau menulis cerita panjang, walaupun itu kelihatannya sangat ironis tapi saya hanya melakukan tanggung jawab yang diberikan guru pada saya. Dibawah ini merupakan salah satu tugas video yang diberikan oleh guru saya. 


Ya walaupun gitu aku senang bisa menyelesaikan tugasnya, aku membuat videonya dalam buru-buru jadi keliatannya kurang rapih, rasanya agak malu sih kalo aku disuruh membuat video dimana muka aku ditampilin, jadinya malas mengerjakannya.

Sebenarnya PJJ itu tidak selalu negatif, tapi ada juga hal-hal yang saya nikmati dan suka saat PJJ, pertamanya adalah saya lebih mudah mengontak teman saya dan mendapatkan rangkuman yang langsung dikasih guru atau di catat oleh teman-teman. Aku juga mau jujur, untuk guru-guru yang membaca saya minta maaf, dengan PJJ ini kita lebih mudah untuk bermain game atau ngobrol di waktu kesempatan. Ya walaupun gitu menurut saya lebih mudah mendapat informasi jika PJJ.

Menurut saya PJJ masih bisa belajar secara interaktif dengan cara menanyakan murid-murid, menampilkan video, dll. Aku lebih termotivasi kalo guru tidak hanya menjelaskan saja tetapi menghibur agar murid-murid terasa lebih terhibur dan moral tinggi. 


Dengan arti simpul, menurut saya Pembelajaran Jarak Jauh kurang menyenangkan, tapi bisa ditingkatkan lagi dengan berbagai cara. Saya ingin sekali meningkatkan nilai saya saat kelas 7, saya berharap PJJ ini bisa membantu saya dalam mendapatkan target-target atau poin-poin yang ingin kuraih.

Saya berharap pandemi ini segera berakhir dan semoga aku bisa merasakan bagaimana sekolah offline setelah 2 tahun kurang. 

Saya doakan untuk teman-teman dan guru-guru agar kuat dan sehat selalu dalam menghadapi pandemi ini 💪











Comments

Post a Comment